Postingan

Mereview Jurnal Literatur

  Review Jurnal Literatur Jurnal 1             : Keputusan Pembelian Generasi Milenial Youtuber RIA SW Oleh : Grace Pulia”, Natasya Niken Thioanda             Pada masa serba digital ini, bermunculan banyak influencer, selebgram sampai dengan youtuber. Dari sekian banyak youtuber khususnya, food vlogger seperti tidak pernah sepi penonton, salah satunya Ria SW, ia membagikan video jalan-jalan sambil kulineran setiap beberapa minggu sekali dan tak jarang membuat para penontonnya penasaran dengan isi video yang ia buat, dampak daripada konten video Ria SW adalah membuat para penonton seperti ingin membeli produk makanan yang sama karena terlihat unik dan menggiurkan. Pada jurnal ini, pencipta menjabarkan seberapa berdampaknya konten video Ria SW terhadap pola konsumsi masyarakat khususnya mahasiswa dan generasi muda.   Jurnal 2             : Media Sosial Youtube Sebagai Sarana Membentuk Citra Diri Oleh : Nur Kholisoh, Dwi Esti Wahyuni             Pentingnya membangun per

Latar Belakang Analisis Semiotika dalam Video Youtube Fellexandro Ruby

  Latar Belakang Fellexandro Ruby merupakan seorang pengusaha muda yang membagikan tips-tips finansial, gaya hidup, produktivitas dan berbisnis diusia muda. Fellexandro gemar membagikan beberapa konten andalannya tersebut di kanal youtube pribadinya yang bernama Fellexandro Ruby. Selain mempunyai kanal youtube, Fellexandro juga aktif diberbagai platform sosial media seperti Instagram. Yang melatarbelakangi Fellexandro Ruby dalam membangun kanal youtube adalah guna membagikan pengalaman serta tips dan trik bagaimana menjadi jutawan diusia muda dengan video yang dikemas secara menarik dan berkualitas, dengan begitu Fellexandro Ruby dapat dikenal dengan cepat dan tepat sasaran. Dengan mempunyai pelanggan sebanyak 269.000 di platform youtube membuatnya semakin dikenal luas karena video yang dibagikan terlihat menarik hati para anak muda terutama diusia 20an. Secara garis besar, inti permasalahan yang dibahas oleh Fellexandro Ruby lewat video youtube nya terlihat sangat berkaitan deng

Analisis Karya Visual Maskot SEAGAMES 2021

Gambar
  SEAGAMES (Southeast Asian Games) merupakan ajang olahraga bergengsi yang diadakan hanya untuk negara-negara di kawasan Asia Tenggara seperti Indonesia, Malaysia, Singapura, Kamboja, Vietnam dan lain-lain. Ajang olahraga musiman ini memiliki banyak cabang olahraga dan setiap ajang ini dimulai, maka negara yang ditunjuk harus siap menjadi tuan rumah, salah satunya adalah Vietnam. Pada kesempatan SEAGAMES kali ini, Vietnam mengajukan hewan khas endemik bernama Saola. Saola merupakan hewan langka yang hanya ditemukan di daerah Vietnam dan perbatasan Laos. Hewan ini adalah kerabat dekat sapi namun disisi lain, hewan ini memiliki keunikan seperti kambing namun juga terlihat seperti rusa atau kijang yang bertanduk panjang dan runcing. Pemilihan maskot SEAGAMES 2021 dipilih sebagai perwakilan tuan rumah yang ditunjuk. Berikut analisis karya maskot SEAGAMES 2021. Hewan Saola yang diubah menjadi karya visual berupa kartun memiliki elemen desain titik, garis, warna bentuk dan tekstur, dil

Jawaban UTS Kajian Seni Rupa dan Desain

Konvensi Sosial menurut Ferdinand Saussure dalam teori semiotika untuk kajian visual adalah sebagai penanda sosial atau bisa dikatakan sebagai penggunaan tanda secara sosial. Dengan cara ini, kita dapat menganalisis sebuah karya seni seperti contoh, karya visual berupa poster atau audio visual dengan melihat tanda-tanda yang ada didalam karya tersebut dan menafsirkan dengan cara melihat nilai-nilai sosial yang ada. Elemen desain meliputi garis, bentuk, warna dan tekstur sedangkan unsur desain meliputi titik, garis, bidang, ilustrasi, warna , tekstur, gelap terang dan ruang. Jika kita kaitkan unsur dan elemen desain pada teori semiotika menurut Ferdinad Saussure, maka semua unsur dan elemen tersebut merupakan konsep mental (petanda atau signified) kemudian petanda-petanda itu dituangkan menjadi karya desain yang merupakan objek, hasil dari signified. Objek desain tersebut dinamakan sebagai signifier (penanda). Penggunaan semiotika Ferdinand Saussure dalam bidang DKV adalah sebagai u

Songket Palembang Sebagai Ciri Khas Sumatera Selatan Yang Dijuluki Ratu Segala Kain

Gambar
Songket di Indonesia memiliki corak yang beragam, mulai dari Sumatera hingga Indonesia bagian timur memiliki motif dan bahan songket yang berbeda termasuk songket dari Sumatera Selatan yaitu Palembang. Songket Palembang mempunyai ciri khas berwarna merah tua atau marun yang dipadu padankan dengan ukiran dari benang emas. Sejarah dari songket Palembang sendiri tidak jauh dari pengaruh kebudayaan Tionghua dan India yang mana pada saat itu menjadikan tanah Sriwijaya sebagai pusat dari perdagangan pada masa kerajaan Sriwijaya. Pada zaman kerajaan, asal mula songket dibuat dengan campuran benang emas dan perak yang di dibawa langsung dari Tionghua dan India. Dengan kemewahannya, songket Palembang dijuluki sebagai ratunya kain. Hal ini pun membuat songket kerap kali digunakan hanya diacara formal saja seperti pernikahan dan pesta kerajaan pada saat itu. Kain yang indah dan mewah ini tidak hanya memiliki satu jenis warna dan model saja, tetapi memiliki beberapa jenis seperti, songket lepu

Analisis Film Animasi Spirited Away dalam Sudut Pandang Teori Estetika dan Semiotika

Gambar
  Pendahuluan Spirited away adalah film animasi yang bertema fantasi asal Jepang, alur cerita film animasi ini diciptakan oleh Hayao Miyazaki dan digarap oleh perusahaan animasi ternama Studio Ghibli pada tahun 2001. Spirited Away bercerita tentang tokoh anak kecil berumur 10 tahun yaitu Chihiro Ogino yang sedang pergi berlibur dengan orang tuanya, namun ditengah liburan mereka, Chihiro menemukan tempat misterius dan ia pun melewati lorong aneh disusul dengan kedua orang tuanya yang penasaran. Setelah menyusuri lorong, mereka pun heran dengan adanya pasar yang berisikan berbagai macam makanan, kemudian kedua orang tuanya pun tergoda dengan makanan tersebut sehingga secara tak sadar, Ayah dan Ibu Chihiro dikutuk menjadi babi yang rakus. Untuk mengembalikan kutukan kedua orang tua Chihiro, ia pun harus menemui dan menemukan penawar, petualangan pun dimulai. Latar tempat yang disajikan oleh animator Hayao Miyazaki terlihat luar biasa, pasalnya ia menggarap dengan detail yang unik, mem

Review Jurnal

  JURNAL 1 Judul : Kajian Semiotika dalam Film Objek Kajian Seni Rupa dan Desain: Objek dari penelitian ini adalah seni peran atau dunia perfileman yang mana menggunakan kajian dengan metode semiotika. Peneliti menjabarkan mulai dari pengertian film sampai dengan fungsi dan pengaruh film dari sudut pandang kajian semiotika Pendekatan: Pendekatan yang digunakan adalah metode semiology yang membahas tentang makna dan bentuk dalam dunia film, kemudian dijabarkan secara terperinci dan detail guna menemukan makna secara mendalam. Analisis: Film merupakan karya yang dibuat dari seni peran yang dikemas secara kreatif oleh para seniman, dalam dunia perfileman pun tidak lepas dari dialog, gestur tubuh hingga mimic wajah atau ekspresi serta Bahasa yang disampaikan, maka seni peran tidak jauh dari ilmu komunikasi. Teori: Dalam kebanyakan film setting, memiliki arti simbolik yang penting sekali, karena tokoh-tokoh sering dipergunakan secara simbolik. Dalam setiap bentuk cerita,